ElegeShare

Welcome to The ElegeShare Blog ElegeShare.Blogspot.

Rabu

Cerita Danau Cantik yang Jahat di Pedalaman Papua

This Article Was Live On: 16:13 And Till Now Have Tidak ada komentar. Your Adds
Inilah Danau Degeli Jagali di pedalaman Papua (Maximus/Istimewa)

Sugapa - Bentang alam Papua bagaikan misteri. Masih banyak yang belum terjamah manusia. Salah satunya, Danau Degeli Jagali yang konon bisa mencelakakan orang jahat!

Nama danaunya mungkin belum pernah Anda dengar. Terang saja, Danau Degelai Jagali berlokasi di pedalaman Papua, di sekitar Puncak Carstensz. Tidak ada manusia yang menetap di sana, sebab ketinggiannya sudah menembus 4.300 mdpl.

Maximus Tipagau, masyarakat asli suku Moni berjumpa dengan detikTravel pada Minggu (24/1) kemarin di kawasan Sudirman Park, Jakarta. Dia juga selaku ketua tim panitia Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz 2015 pada bulan Agustus silam, yang dirinya sendiri sudah sering menjelajahi destinasi di sekitar Puncak Carstensz, puncak tertinggi Indonesia sekaligus Seven Summit dunia.

"Ini Danau Degeli Jagali namanya. Sayang, kamu kemarin (tim Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz 2015-red) tidak mampir ke sana," katanya sembari memperlihatkan foto danaunya di layar laptop.
Wow, cantik sekali! Danaunya berada di lembah di antara pegunungan yang bagian puncaknya runcing dan berwarna abu-abu. Ada sekitar 4 danau yang airnya berwarna biru dan bergradasi hijau toska. Benar-benar cantik!
Danau Degeli Jagali yang dipotret Maximus dari ketinggian (Maximus/Istimewa)

Sekilas, jika dilihat tampilannya mirip seperti Danau Larson atau danau-danau lain di sekitar Puncak Carstensz. Termasuk, mirip dengan 10 danau yang ada di Basecamp Danau-danau. Ada di mana lokasinya ini, Max?

"Danau ini ada di sekitar Puncak Carstensz, tapi bukan di jalur pendakiannya. Dari Ugimba, terus ke Putigapa sebelum Juambiga Panembiga. Kalau dari peta, dari Ugimba ke Carstensz itu ke kiri, kalau ke danaunya ke kanan," papar Max.

Sedikit menjelaskan soal geografi, Puncak Carstensz berada di kawasan Pegunungan Tengah. Puncak Carstensz masuk dalam Kabupaten Intan Jaya, dengan desa terdekatnya adalah Ugimba dan Sugapa. Untuk menuju ke Ugimba, harus naik pesawat perintis dari Timika atau Nabire. Dari sana, barulah trekking menuju ke Ugimba, desa terakhir hingga terus ke Puncak Carstensz.

Sejarah Danau Degeli Jagali

Maximus lanjut menceritakan soal sejarah Danau Degeli Jagali. Sudah dari ratusan tahun silam, Suku Moni yang mendiami Ugimba mendatangi danaunya untuk berburu. Sebab di sekitarnya, masih banyak binatang seperti kuskus, dingiso dan bebek.
"Orang-orang tua kami, datang ke sana untuk berburu, sampai sekarang. Ada 4 jenis bebek yang saya tahu, tapi tidak tahu itu bebek apa dan sebenarnya bukan bebek asli sini karena datangnya tiap tahun hanya beberapa kali (bebek migrasi). Untuk fauna di sana, hingga kini belum ada yang meneliti," ungkap Maximus.

Danau Degeli Jagali yang cantik (Maximus/Istimewa)

Di balik kecantikan danaunya, tersimpan cerita yang bikin bergidik. Sebab kata Maximus, Danau Degeli Jagali mendapat sebutan sebagi danau jahat sebab bisa mencelakakan orang!

"Kalau ada orang yang teriak-teriak, merusak, tidak permisi atau marah-marah ketika melewati danau ini, dia akan mati. Hujan es bisa datang, dia bisa tenggelam di danau dan lain-lain. Itu nyata, karena banyak tengkorak di sekitar danaunya," papar pria yang juga pendiri operator tur, Adventure Carstensz ini.

Suku Moni sendiri, sudah mempercayai hal tersebut sejak dulu. Maka, mereka yang mau berburu di sana sampai sekarang harus bersikap hormat dan santun. Mereka tidak ingin celaka.

"Setelah danau ini, kalau jalan kaki kita bisa bertemu Pintu Surga, itu nama suatu gunung yang unik. Bagaimana, masih banyak yang belum kamu tahu tentang Papua bukan?" ujarnya kepada saya. (shf/fay) http://travel.detik.com/

You Like It, Please Share This Recipe With Your Friends Using...

Don't Forget To Read This Also...

Tidak ada komentar :

Speak Your Mind:


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *